Sabtu, 11 Februari 2012

Metode Pembelajaran

Meningkatkan Motivasi Belajar IPS di SMP
Oleh : SRIANI
NIM : 200910210236 / Transfer Semester V

     Sudah menjadi rahasia, pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah pelajaran yang membosankan. Harus banyak membaca, mendengarkan dan mencatat. Oleh sebab itu  seringkali siswa malas mengikuti pelajaran ini, bahkan menghindar. Maka dari itu sebagai pengajar IPS memerlukan beberapa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar khususnya IPS.
        Sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai strategi untuk memotivasi peserta didik , perlu kita ketahui makna dari motivasi. motivasi menurut kamus besar Indonesia *1998) dapat diartikan sebagai dorongan yang timbul dari seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. ada pendapat kami "Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
     Dalam kegiatan belajar mengajar motivasi sangat diperlukan sebagai bahan bakar utama. Agar peserta didik mampu melakukan aktivitas belajar dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan. Pada dasarnya motivasi dapat dibedakan menjadi 2  yaitu :

1.  Motivasi Intrinsik
     Motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri atas dasar kemauan sendiri, tanpa adanya suruhan       perintah, bahkan paksaan dari orang lain

2.  Motivasi Ekstrinsik
     Motivasi ini dapat muncul setelah adanya pengaruh dari luar individu atau lingkungan sekitarnya. misalnya
     saja dari adanya ajakan atau paksaan dari orang lain tentunya. Seorang pengajar menginginkan
     meningkatkan peserta didik memiliki motivasi intriksik yang bagus sehingga berapa banyak hal siswa
     sudah tertarik pada motivasi pelajar.

     Kondisi jasa berbeda jika Peserta didik tidak memiliki motivasi ekstrinsik, mereka akan sulit memahami materi yang disampaikan dan kwalitas  perolehannya  kurang. Saat inilah diperlukan guru untuk memberikan motivasi Ekstrinsik .
faktor - faktor yang mempengaruhi motivasi Peserta Didik 
-  Ketertarikan pada mata pelajaran 
-  Persepsi siswa tentang penting dan tidaknya materi pelajaran
-  Semangat untuk meraih pencapaian 
-  Kepercayaan diri siswa
-  Pengakuan orang lain
-  Besar kecilnya tantangan
-  Kesabaran 
-  Ketekunan

Selain faktor tersebut juga dipengaruhi oleh guru sebagai pengajar. Berikut ini beberapa strategi agar pembelajaran IPS dapat menjadi pelajaran  yang ditunggu - tunggu siswa
1.   Menciptakan iklim belajar yang terbuka dan positif.
      caranya : Menganalisa minat dan kebutuhan peserta didik, jika guru bia mengikuti kemauan peserta didik
                     mereka akan  mengikuti pelajaran dengan senang hati
2.   Membuat siswa aktif berpartisipasi dalam KBM dengan metode : pemberian tugas, mengumpulkan
      gambar, kliping, menulis menyusun keterangan, menampilkan tugas yang menarik.
3.  Mengajak siswa  untuk menganalisa apa yang dapat membuat kelas termotivasi dengan cara :
     - Antusias guru
     - Relevansi materi pelajaran
     - Pengaturan pengajaran
     - Kesesuaian tingkat kesulitan materi
     - Keterlibatan siswa
     - Keragaman hubungan antara guru dan isswa
        Memberikan contoh yang sesuai
4. Merancang tindakan pengajaran yang dapat termotivasi siswa
5. Merumuskan RPP yang dapat memotivasi siswa
6. Memotivasi siswa menanggapi hasil mereka
7. Memotivasi siswa untuk membaca dan menghafal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar